Pengaruh Atribut Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Mobil Truk Mitsubishi pada PT Gemilang Berlian Indah di Pontianak

Authors

  • Jossin Ricky Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan citra merek terhadap minat beli. Penelitian ini berbentuk penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter berupa data primer dengan melakukan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner atau angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen truk Mitsubishi pada PT Gemilang Berlian Indah di Pontianak. Sampel ditentukan dengan metode accidental probability sampling sehingga diperoleh 75 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan model regresi linear berganda. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien korelasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa atribut produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

References

Aaker, David A., dan Alexander L. Biel. 2009. Brand Equity & Advertising: Advertising’s Role in Building Strong Brands. New Jersey: Lawrence Erlbaum, Inc.

Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Fourth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kolopita, Dani A., dan Agus Supandi S. 2015. “Analisis Atribut Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Suzuki Ertiga di Kota Manado.” Jurnal Emba, vol.3, no.2.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles