Analisis Pengaruh Faktor Citra Perusahaan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Tepung Sagu Merek Daun Sagu pada PT Bina Sago Lestari di Kubu Raya

Authors

  • Chendry Hadinata Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan faktor citra perusahaan terhadap keputusan pembelian tepung sagu merek daun sagu pada PT Bina Sago Lestari di Kubu Raya serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan faktor kualitas produk terhadap keputusan pembelian tepung sagu merek daun sagu pada PT Bina Sago Lestari di Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kausalitas dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner.Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi (R2), analisis regresi linier, uji signifikansi simultan F dan uji parsial t dengan bantuan software SPSS 22 serta dengan tingkat kepercayaan 95,00 persen. Saran yang dapat penulis berikan adalah Perusahaan sebaiknya meningkatkan citra perusahaan yang bernilai di mata para pelanggan serta mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang terbentuk untuk para konsumen. Hal ini juga penting untuk kelangsungan jangka panjang perusahaan sehingga konsumen tidak berpaling ke produk pesaing (brand switching).

References

Habibah, Ummu dan Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol.1,no.1, hal.31-48.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Hoe, Ling Chen. 2018. The Effects of Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty: Evidence from Malaysian Engineering Industry. International Journal of Industrial Marketing, vol.3,no.1, pp.20-35.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran, Edisi empat. Yogyakarta: Andi.

Wibowo, Ariadi. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Perumahan Sembungharjo Permai Pengembang PT. Sindur Graha Tama). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, vol. 8,no.1, hal.1-11.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles