Analisis Pengaruh Brand Equity dan Kinerja Pelayanan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Merpati di Pontianak

Authors

  • Agustina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah brand equity dan kinerja pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menginap pada Hotel Merpati di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara, dengan populasi yang digunakan adalah pelanggan yang pernah menginap pada Hotel Merpati di Pontianak. Teknik pengumpulan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji autokorelasi, uji heterokedasitas, uji multikolineritas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi berganda, uji F dan uji t hasil analisis menunjukkan bahwa variabel brand equity dan kinerja pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel Merpati di Pontianak.

References

Chan, Arianis. 2010. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung”. Jurnal Administrasi Bisnis , Vol. 6, No.1: hal. 43–58.

Dharmayanti, Diah. 2006. “Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah.” Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, hal. 35-43.

Edison, Emron, Yohny Anwar dan Imas Komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen & Strategi Merek. Ed. 1. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Triyono, Suryo. 2009. “Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Kecenderungan Pembelian Kembali (Repurchase). Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles