Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kemampuan Adaptasi Tekhnologi terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan di Kota Pontianak

Authors

  • Eufemia Johan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kemampuan adaptasi tekhnologi terhadap kinerja pemasaran. Objek dari penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah makanan di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan,, kuesioner, dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan kualitatif, dengn menggunakan skala rating dan untuk memperoleh data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kemampuan adaptasi tekhnologi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa citra merek dan kemampuan adapatasi tekhnologi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Schiffman, Leon. G., dan Kanuk, Leslie. L., 2010. Consumer Behavior (10th Edition). New Jersey: pearson Education.

Suhartanto, Eko., Setijadi, Ary., dkk., 2010. Techno Preneur Ship: strategi penting dalam bisnis berbasis teknologi. Jakarta, PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Surachman, “Dasar-dasar Manajemen Merek”, Bayumedia Publishing Malang, 2008.

Swastha, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi Offset

Uno, B, Hamzah., dan Lamatenggo, Nina. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles