Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Kualitas Produk terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kerajinan Tangan di Kota Pontianak

Authors

  • William Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. selain itu usaha mikro kecil dan menengah dapat menekan angka pengangguran yang ada di Indonesia. Banyak hal yang menyebabkan industri rumah tangga kalah bersaing dengan kompetitornya, seperti penggunaan teknologi yang digunakan oleh kompetitor. Pada dasarnya UMKM masih menggunakan cara produksi yang bersifat tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pelanggan dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran produk UMKM kerajinan tangan di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, penentuan populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 pelaku usaha kerajinan tangan yang ada di Kota Pontianak dengan metode penarikan sampel secara sensus. Menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan skala rating, uji validasi, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda, serta uji F dan uji t. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 22 untuk mengetahui hubungan antara variabel orientasi pelanggan dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Chakravarty, Anindita, Alok Kumar, and Rajdeep Grewal. "Customer orientation structure for internet-based business-to-business platform firms." Journal of Marketing 78.5 (2014): 1-23.

Frambach, Ruud T., Peer C. Fiss, and Paul TM Ingenbleek. "How important is customer orientation for firm performance? A fuzzy set analysis of orientations, strategies, and environments." Journal of Business Research 69.4 (2015): 14281436.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Smirnova, Maria M., Vera A. Rebiazina, and Johanna Frösén. "Customer orientation as a multidimensional construct: Evidence from the Russian markets." Journal of Business Research 86 (2016): 457-467.

Thoumrungroje, Amonrat, and Olimpia Racela. "The contingent role of customer orientation and entrepreneurial orientation on product innovation and performance." Journal of Strategic Marketing 21.2 (2013): 140-159.

Wulandari, Agesti. Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. Management Analysis Journal, 2012, 1.2.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles