Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Kinerja Produk terhadap Minat Menabung pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas hubungan pelanggan, citra perusahaan dan kinerja produk terhadap minat menabung pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT BPR Prima Multi Makmur pada periode tahun 2018. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala rating. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 150 nasabah, dengan metode accidental sampling, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan melihat jawaban dari responden melalui kuesioner yang disebarkan kemudian dikelompokkan menurut kriteria yang telah ditentukan dan jawaban dijumlahkan, dipersentasekan, dianalisis dan diolah menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas hubungan pelanggan berpengaruh positif terhadap minat menabung sedangkan citra perusahaan dan kinerja produk tidak berpengaruh terhadap minat menabung. Adapun saran yang dapat diberikan kepada PT BPR Prima Multi Makmur yaitu dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan diri terutama dalam factor kualitas hubungan pelanggan, citra perusahaan dan kinerja produk yang mempengaruhi minat menabung nasabah. Selain itu, perusahaan hendaknya mempertimbangkan untuk terus mencari dan menerapkan strategi lain yang lebih up to date agar dapat terus bertahan dan bersaing di usaha pada bidang keuangan yang saat ini semakin marak digeluti.
References
Ferdinand, Augusty. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Unviersitas Diponegoro.
Huang, Min-Hsin. “The Influence Of Selling Behaviors On Customer Relationships In Financial Services.” Journal Of Service Industry Management, Vol. 19, No. 4 (July-December 2007), pp. 459-479
Kotler, P., dan Keller, K,L. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga, 2009
Soetomo, Harsini, 2004, Relationship Marketing Pada Upscale Retailing : Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas, Media Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol. 4 No.3, Desember 2004.
Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.