Analisis Kinerja Layanan, Kualitas Hubungan Pelanggan dan Nilai Produk terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak

Authors

  • Marietha Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kinerja layanan, kualitas hubungan pelanggan, dan nilai produk terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT BPR Prima Multi Makmur di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah pada PT BPR Prima Multi Makmur yang berjumlah 15.621 dengan sampel sebanyak 136 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling Teknik analisis menggunakan program SPSS versi 22, hasil pengujian menunjukkan semua variabel valid dan reliabel serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan positif terhadap variabel terikat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Kinerja Layanan, Kualitas Hubungan Pelanggan, dan Nilai produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah.

References

Asih, Nyoman Suparmanti. 2016. “Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellent) terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja.”Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE). Vol. 7, No 2, pp. 1-10.

Athanasopoulou, Pinelopi. (2009) ‘Relationship Quality: A Critical Literature Review and Research Agenda’, European Journal of Marketing, Vol. 43 No. 5/6, pp. 583-610.

Rumengan, Novita Aveline., Hendra Novi Tawas dan Rudy Steven Wenas. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado”. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntasi (EMBA). Vol. 3.No.2.Hal. 684-694. Universitas Sam Ratulangi Manado, 2015.

Snoj, Boris., Alexandra Pisnik Korda, dan Damijan Mumel. “The Relationships Among Perceived Quality,Perceived Risk, and Perceived Product Value.”Journal Of Product and Brand Management, Vol 13 No 3 (May 2004), pp 156-167.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles