Analisis Pengaruh Citra Merek dan Keterampilan Tenaga Penjual terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Jiwa Prudential pada KPM Pru Victory Cabang Pontianak

Authors

  • Michael Chang Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Di Kalimantan Barat, isu-isu yang umumnya menyebar hingga mempengaruhi citra merek perusahaan asuransi antara lain sulitnya kesulitan melakukan proses klaim dana asuransi, agen asuransi yang sulit ditemui ketika nasabah mengalami kendala, dan masalah-masalah lain yang menyebabkan citra merek perusahaan asuransi semakin memburuk. Oleh sebab itu, citra merek perusahaan terkesan buruk, khususnya bagi klien yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan pembelian polis asuransi. Klien juga mempertimbangkan kemampuan tenaga penjual asuransi dalam memahami dan memenuhi kebutuhannya. Hal ini mempengaruhi keputusan pembelian klien karena ketika apa yang menjadi kebutuhan klien terpenuhi, maka konsumen akan dengan cepat memutuskan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan keterampilan tenaga penjual terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian dilakukan pada KPM Pru Victory Cabang Pontianak dengan populasi sebanyak 788 orang. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode hubungan kausal. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 22 dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan keterampilan tenaga penjual berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Arafat, Rendy. 2013. “Pengaruh Dimensi Sales Skill Terhadap Kinerja Penjualan”. Management Analysis Journal, vol.2,no.1, hal. 110-118.

Basir, M. Sah, Syed Z. Ahmad, Philip J. Kitchen. 2010. “The Relationship Between Sales Skills and Salesperson Performance: An Empirical Study In the Malaysia Telecommunications Company.” International Journal of Management and Marketing Research, vol.3,no.1, pp.51-73.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Li, Xian Guo, Xia Wang, dan Yu Juan Cai. 2011. “Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions: The Mediating Role of Cognitive and Affective Attitudes.” Journal of Computers, vol.6,no.9, pp. 1875-1879.

Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto. 2013. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol.1,no.2, hal.1-11.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles