Analisis Pengaruh Firm Size, Profitability, dan Business Risk terhadap Capital Structure pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Juliana Saputra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Capital structure merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya karena baik buruknya capital structure dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh profitability, firm size, dan business risk terhadap capital structure pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Penentuan sampel dengan metode purposive sampling dengan kriteria IPO sebelum tahun 2013 sehingga diperoleh 41 perusahaan. Bentuk penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Tahapan analisis data didahului dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis persamaan regresi, uji F, uji t dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian dan analisis menunjukkan bahwa profitability dan firm size tidak berpengaruh terhadap capital structure, sedangkan business risk berpengaruh negatif terhadap capital structure.

References

Alipour, Mohammad, Mir Farhad Seddigh Mohammadi, Hojjatollah Derakhshan. 2015. “Determinants of Capital Structure: an empirical study of firms in Iran”. International Journal of Law and Management, Vol. 57 No.1, pp. 53-83.

Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan.Yogyakarta: CV Andy Offset.

Pattweekongka, Supawadee and Kulkanya Napompech. 2014. “Determinants of Capital Structure: Evidence from Thai Lodging Companies.” Vol. 7, Iss. 4, pp. 45-52.

Sutrisno. 2017. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, edisi kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

Willim, A.P. (2019). Analisis Komparatif Tingkat Pengembalian Value Stocks dan Growth Stocks di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pasar Modal dan Bisnis, 1(1), 13-22.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles