Analisis Pengaruh Kualitas Kepercayaan Anggota, Promosi dan Kinerja Pelayanan terhadap Minat Menabung pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak

Authors

  • Meka Ratna Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Dalam menggerakan koperasi dibutuhkan keterampilan teknik, pengetahuan ekonomi, serta memberikan pelayanan maksimal tentu sesuai dengan dinamika keprofesionalan dan keaktifan dari anggota yang terlibat dalam koperasi saat ini dan mendatang. Promosi pada hakikatnya adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan mendorong permintaan, keberlangsungan dan keberhasilan perusahaan jasa tergantung pada kinerja dan kemampuan yang dimiliki para karyawan dalam memberikan pelayanan. Pelayanan yang berkualitas akan membuat anggota merasa puas, sehingga akan berpengaruh kepada besar kecilnya permintaan anggota terhadap jasa yang dihasilkan dengan begitu tujuan Credit Union dapat tercapai. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumenter dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan program SPSS 22 dengan regresi linier berganda untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel kualitas kepercayaan anggota, promosi, kinerja pelayanan terhadap minat menabung.

References

Hendrojogi. 2010. Koperasi Asas-asas, Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rangkuti, Freddy. 2010. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.

Yao-Tsung Kao. 2011. A study o n the Relationship between Brand Trust and the Customer Loyalty based on teh Cunsumer Aspects. Journal of Business Management, Mei-Ho Institute of Techonology, Taiwan.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles