Analisis Pengaruh Brand Trust, Harga Kompetitif dan Promosi terhadap Keputusan menginap Kembali pada Hotel Merpati di Pontianak

Authors

  • Dewanto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand trust, harga kompetitif, dan promosi terhadap keputusan menginap kembali. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua responden yang pernah berkunjung dan menginap pada Hotel Merpati di Pontianak dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran Skala Likert. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel brand trust, harga kompetitif, dan promosi yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji T memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menginap kembali.

References

Bagyono. 2005. Pengetahuan dasar Parawisata dan Perhotelan, jilid 1. Bandung: Alfabeta.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset, 2008.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran (judul asli: Marketing Management, 10th edition), jilid 1. Penerjemah Hendra Teguh. et al. Jakarta : PT indeks.

Lenggogeni, Laylani dan Augusty Tae Ferdinand. 2016. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keungulan Bersaing Dalam Upaya meningkatkan Keputusan Pembelian.” Diponegoro Journal Of Management, vol 5, no.3, hal. 1-12.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles