Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sari Bumi Kusuma Unit Industri Kumpai di Kabupaten Kubu Raya

Authors

  • Andrean Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan PT Sari Bumi Kusuma Unit Industri Kumpai di Kabupaten Kubu Raya. Penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Sari Bumi Kusuma Unit Industri Kumpai Di Kabupaten Kubu Raya. Dalam penentuan sampel subjeknya lebih dari 100 maka penulis menggunakan 10 persen dari anggota populasi sebagai sampel sehingga sampel yang digunakan adalah sebanyak 115 responden. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara silmultan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan PT Sari Bumi Kusuma Unit Industri Kumpai Di Kabupaten Kubu Raya. Adapun saran dari penulis adalah perusahaan perlu terus meningkatkan kualitas kehidupan kerja serta membangun komitmen organisasi yang tinggi bagi karyawan agar kinerja karyawan terus meningkat sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

References

Ekawati, Ratna, danDesiNuraeni. “Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studipada PT. ATRI DISTRIBUSINDO Bandung). ”Smart – Study & Management Reseach, Vol.10,No.3 (2013), pp. 55- 65.

Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Giarto, Setyo Budiari. “Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi.”Universitas Islam Indonesia, 2018.

Kreitner, Robert, dan Angelo Kinicki. 2008. Organizational Behavior.(8th ed). McGraw-Hill Companies.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.

Respatiningsih, Ida dan Frans Sudirjo. 2015. “Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi, Kapabilitas dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empirik pada Inspektorat Kabupaten Pemalang).” Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, vol.4,no. 3, hal.2302-2752.

Downloads

Published

2023-07-19

Issue

Section

Articles