Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak

Authors

  • Lusiana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Kinerja karyawan dipengaruhi beberapa faktor yaitu komitmen organisasi dan kepuasan kerja. Komitmen organisasi mempengaruhi kinerja karyawan untuk menjalankan kebijakan perusahaan dalam berkerja dengan demikian kepuasan kerja menunjukkan karyawan memiliki perasaan puas dengan pencapaian hasil kinerja selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kausal, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan studi dekumenter. Populasi dan sampel yang digunakan Sampling jenuh, analisis data menggunakan uji asumsi klasik,Uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji f, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji t. Pengujian model yang diteliti menggunakan software spss 22. Hasil penelitian yaitu, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61.

Mardiani, A. “ Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Tour dan Travel Surabaya.” Agora vol.3,no.2,(2015)

Sapitri, Ranti.” Pengaruh Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan Listrik Negara Area Pekan Baru.” JOM Fisip vol.3,no.2 oktober 2016.

Supriyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Yogyakarta.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Cet keempat, Jakarta: Kencana.

Tobing, Diana, Sulianti, K, L . Pengaruh Organsasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Bagian Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11. Vol,no.1, maret 2009: 31-37.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles