KUALITAS PELAYANAN USAHA BONGKAR MUAT KONTAINER PADA PT POTENSI KARUNIA BAHARI DI PONTIANAK

Authors

  • Merriyana Merriyana

Abstract

Dengan adanya persepsi yang baik dari pelanggan maka kepuasan pelanggan akan tercapai dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kebijakan pelayanan usaha kegiatan bongkar muat yang diterapkan, dan bagaimana tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan usaha kegiatan bongkar muat yang diberikan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, studi dokumenter dan kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah 105 responden, sampel yang digunakan adalah sebanyak 40 pelanggan yang pernah menggunakan jasa bongkar muat kontainer minimal 3 kali pertahun. Kesimpulannya bahwa terdapat indikator yang dianggap penting oleh pelanggan dan perusahaan sudah melaksanakannya dengan baik yaitu berupa kesigapan karyawan dalam melayani, proses penyewaan kontainer dan peralatan yang cepat, ketepatan informasi yang diberikan mengenai waktu tibanya kontainer ketempat tujuan, pengetahuan dan kecakapan karyawan dalam melayani pelanggan dan kemudahan dalam menghubungi pihak perusahaan. Saran penulis adalah perusahaan harus tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang dianggap penting dan mempertahankan kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2016-12-16

Issue

Section

Articles