Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Jasa Pada Credit Union Bina Masyarakat di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang

Authors

  • Thresia Lili

Abstract

Pelayanan yang berkualitas adalah pelayanan yang selalu merespon keluhan yang disampaikan oleh setiap anggota kepada lembaga yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian penulis adalah untuk mengetahui kebijakan Credit Union Bina Masyarakat di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa kepada anggota dan untuk mengetahui persepsi anggota terhadap kualitas pelayanan jasa yang diberikan oleh Credit Union Bina Masyarakat di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui: wawancara, kuesioner, studi dokumenter, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6.535 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Faktor-faktor untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa pada Credit Union Bina Masyarakat di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang yaitu kemampuan melaksanakan dan memenuhi layanan yang telah dijanjikan secara akurat, kesiapan dalam membantu dan melayani anggota secara cepat, kemampuan dan kemauan dalam memberikan kepercayaan pada anggota, perhatian dan pelayanan yang diberikan lembaga pada anggota, penampilan dari fasilitas fisik dan perlengkapan staf. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebijakan yang diterapkan dinilai sudah baik karena anggota mengganggap kinerja lembaga memenuhi keinginan anggota. Anggota merasa pihak lembaga membantu dan memudahkan kegiatan transaksi yang dilakukan anggota. Saran yang diberikan penulis dari penelitian ini, yaitu untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan jasa, menambahkan kegiatan pelatihan dasar anggota maupun pelatihan bagi para staf guna memperbaiki dan meningkatkan sistem operasional lembaga.

Downloads

Published

2016-05-02

Issue

Section

Articles