Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Atribut Hotel terhadap Keputusan untuk Menginap Kembali pada Hotel Kini di Pontianak

Authors

  • Regina Melinda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Pesatnya perkembangan bisnis akomodasi di Pontianak, mendorong pembisnis untuk saling meningkatkan kualitas perusahaan. Secara khusus hotel bintang tiga di Pontianak, setiap hotel berupaya dalam meningkatkan kualitas perusahaan dan hotel harus dapat menyediakan fasilitas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan sesuai kebutuhan tamu. Penulis bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kepercayaan pelanggan dan atribut hotel terhadap keputusan menginap kembali. Penulis memilih Hotel Kini di Pontianak untuk dijadikan objek penelitian. Bentuk penelitian adalah penelitian kausalitas dan dalam penentuan jumlah sampel penulis menggunakan metode accidental sampling dengan menetapkan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Menggunakan dua analisis data yaitu analisis kualitatif dengan menganalisis jawaban responden melalui kuesioner yang ditabulasikan, dinyatakan dalam. Untuk analisis kuantitatif dilakukan analisis dengan menggunakan program SPSS versi 22, yaitu melakukan uji Validitas, uji Realibilitas, uji Asumsi Klasik, uji Korelasi, uji Koefisien Determinasi (R2), uji Regresi Linier Berganda, uji F, dan uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dikatakan bahwa variabel kepercayaan pelanggan dan atribut hotel berpengaruh terhadap keputusan menginap kembali. Adapun saran yang dapat diberikan ialah sebaiknya perusahaan memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan kenyataan yang terjadi dalam pelayanan jasa yang diberikan kepada konsumen sehingga dapat menarik konsumen untuk menginap kembali.

References

Adam, Muhammad. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Choi, Beomjoan dan Suna La. 2013. “The impact of corporate social responsibility (CSR) and customer Crust On The Restoration Of Loyalty After Service Failure And Recovery.” Jurnal Of Service Marketing, ISSN 0087-6045 (Maret 2013). pp. 223-233.

Dolnicar, Sara, and T. Otter. 2003. "Which Hotel Attributes Matter? A Review of Previous and A Framework For Future Research." Vol.1, pp. 176-188.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Sulistiono, Ari Budi. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Atribut Hotel, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Kembali Tamu Hotel Srondol Indah Semarang”Semarang. 2012.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles