Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Mahkota pada CV Mitra Tani di Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah

Authors

  • Jordan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Kualitas produk dan harga kompetitif merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah pembelian produk oleh konsumen. Produk yang berkualitas akan menjadi pilihan konsumen sedangkan harga yang terjangkau akan menjadi pertimbangan konsumen ini bertujuan dalam melakukan pembelian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada kualitas produk dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian Pupuk Mahkota pada CV Mitra Tani di Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Accidental Sampling dengan membagikan kuesioner kepada responden atau pengguna langsung pupuk Mahkota untuk mengetahui bagaimana tanggapan mereka terhadap kualitas produk, harga kompetitif dan keputusan pembelian. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa kualitas produk dan harga kompetitif memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemampuan variabel independen dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah sebesar 63,90 persen.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi kedelapan, jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi keduabelas, jilid 2. Jakarta: Penerbit PT Indeks: Jakarta. Indeks.

Mongi, Lidya, Lisbeth Mananeke, dan Agusta Repi. 2014. "Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol.1, no.4, pp. 2336-2346.

Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto. 2013. "Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya." Jurnal Strategi Pemasaran, vol.1, no.2, pp. 1-11.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles