Analisis Pengaruh Asset Structure, Cash Holding, Firm Age dan Profitability terhadap Capital Structure pada Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Yansen Liestya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asset structure, cash holding, firm age dan profitability terhadap capital structurepada perusahaan sektor Aneka Industri.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalahnon-probabilitysampling dengan cara purposive  sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 32 perusahaan dari tahun 2013 s.d. 2017. Teknik analisis data menggunakan statisktik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel bebas terdapat dua variabel yang mempengaruhi variabelterikat.Cash holding tidak memiliki pengaruh terhadap capital structure. Hal yang serupa juga terjadi pada variabel profitability yang menunjukkan tidak adanya pengaruh akan tetapi asset structure dan firm age memiliki pengaruh terhadap capital structure. Variabel bebas dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 11,2 persen terhadap variabel terikat dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Kieschnick, Robert dan Rabih Moussawi. 2018. “Firm Age, Corporate Governance, and Capital Structure Choices.” Journal of finance 48. pp. 597-614.

Kontesa, M. and Lako, A. (2020). Board Capital Effect on Firm Performance: Evidence from Indonesia. International Journal of Business and Society, 21(1), 491-506.

Leite, Rodrigo dan Andre Carvalhal. 2016 “Firm Age, Value, Performance and Corporate Governance in Brazil.” Corporate Ownership & Control, volume 13, issue 4, pp. 7-11.

Li , Ludwig Reinhard Steven. 2010. “A Note on Capital Structure Target Adjustment-Indonesian Evidence.” International Journal of Managerial Finance, Vol. 6 Iss 3 pp. 245 – 259.

Margaretha, Farah dan Aditya Rizky Ramadhan. 2010. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia”. Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Vol.12, No. 2, pp. 119-130.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles