Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan menjadi Anggota pada CU Keling Kumang BP Desa Kebong Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang

Authors

  • Ronni Simorangkir Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan serta seberapa besar pengaruh signifikan dari daya tarik produk dan kinerja layanan terhadap keputusan menjadi anggota pada CU keling Kumang di Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan jumlah sampel dari populasi 100 orang responden diantaranya 57 orang pria dan 43 orang wanita yang menjadi anggota pada CU keeling kumang di Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan skala rating dan analisis kuantitatifnya dengan regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji validitas dan reliabilitas, serta uji f dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa, variabel daya tarik produk mempengaruhi keputusan menjadi anggota, namun tidak signifikan, sedangkan variabel kinerja layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menjadi anggota.

References

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Pambudi, Bambang Setyo “Pengaruh kinerja Pelayanan (Service Performance), Terhadap Loyalitas Dengan Variabel Antara Kepuasan Kosnumen Nasabah Bank Jatim”. Jurnal Berkala Ilmu Ekonomi, vol. II, no. 1 (Juni 2008), pp. 7182.

Philip Kotler. 2002. “Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium”. Jakarta, Prehallindo.

Putri, Yuniar Anggita “Pengaruh Daya Tarik Produk, Word Of Mouth dan Citra MerekTerhadap Minat Menjadi Nasabah Kredit Mikro”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, vol. XII, no. 5 (Desember 2013), pp. 283-300.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles