Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Kepercayaan Anggota terhadap Keputusan menjadi Anggota Credit Union Semandang Jaya TP Balai Berkuak

Authors

  • Aprianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Salah satu lembaga keuangan yang berada di Balai Berkuak yaitu Credit Union Semandang Jaya, dalam melakukan usaha-usaha dalam meningkatkan dan mempertahanakan eksistensinya dalam masyarakat. Dengan selalu menjaga kinerja layanan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan para anggota maupun calon anggota, hal ini diterapkan agar bisa bersaing dengan lembaga penyedia jasa lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan kinerja layanan, dan kepercayaan anggota terhadap keputusan menjadi anggota. Metode penelitian ini yakni metode penelitian deskriptif di mana populasinya adalah semua anggotanya, dengan menggunakan sampling insidental. Teknik analisis data menggunakan program olahan data statistik, yakni statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Dari hasil perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil dari uji reliabilitas semua variabel reliabel. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja layanan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap minat menjadi anggota dan variabel kepercayaan anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota.

References

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Munaldus, dan Yuspita Karlena Herlina. 2014. Kiat Mengelola: Credit Union. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran jasa, edisi kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles