Analisis Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Harga, dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Kini di Pontianak

Penulis

  • Heri Supianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik lokasi, harga dan citra perusahaan terhadap keputusan menginap pada Hotel Kini di Pontianak. Hotel kini berdiri 18 Februari 2014, dengan jumlah kamar sebanyak 156 kamar, dilengkapi restaurant dan fasilitas lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menginap, metode pengumpulan sampel Accidential Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan program SPSS versi 22 dan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel daya tarik lokasi dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap sedangkan variabel citra perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap. Secara parsial daya tarik lokasi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel kini di Pontianak, sedangkan citra perusahaan tidak signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel kini di Pontianak.

Referensi

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Katemung, L. T. S., C. Kojo, dan F. S. Rumokoy. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Genio Manado.” Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 2 (April 2018), Hal: 982. ISSN 23031174.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong, 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Melisa E. B. Go, J. Lapian, dan S. Moniharapon, “Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Sekolah Mengemudi Melati di Manado.” Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 3 (September 2014), Hal: 1153. ISSN 2303-1174.

Simamora, Bilson, 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Jakarta: PT Gramedia.

Diterbitkan

2020-11-30

Terbitan

Bagian

Articles