Pengaruh Sales Growth, Investment Opportunity Set, dan Firm Age terhadap Firm Value pada Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Rika Agustini Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Nilai perusahaan yang semakin meningkat menjadi cerminan peningkatan kemakmuran pemegang saham. Semakin tinggi nilai perusahaan, maka semakin baik prospek perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales growth, investment opportunity set (IOS), dan firm age terhadap firm value. Bentuk penelitian asosiatif, metode pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia yang hingga tahun 2017 berjumlah 44 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 34 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa firm age memiliki pengaruh positif terhadap firm value, sedangkan sales growth dan investment opportunity set tidak memiliki pengaruh. Kemampuan permodelan penelitian ini dalam menjelaskan perubahan nilai perusahaan yaitu sebesar 12,2 persen.

Referensi

Andrian, Jun. 2016 “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Capital Expenditure dan Insentif Manajer terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Bisnis Strategi, vol. 21, no. 2, pp. 18-49.

Assagaf, Aminullah dan Eddy Yunus. 2016 “Effect of Investment Opportunity Set (IOS), Level of Leverage and Return to Return Stock Market Company in Indonesia Stock Exchange”. International Journal of Applied Business and Economic Research, vol. 14, no. 3, hal. 1625-1644.

Cline dan Yore. 2016 “Age, Experience, and Firm Value.” Journal of Empirical Finance, vol. 35, hal. 169-188.

Sudiani dan Wiksuana. 2017 “Capital Structure, Investment Opportunity Set, Dividen Policy and Profitability as a Firm Value Determinants”. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, vol. 81, no. 9, hal. 259-267.

Sutrisno. 2013 Manajemen Keuangan: Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Diterbitkan

2020-11-30

Terbitan

Bagian

Articles