Pengaruh Profitabilitas, Time Interest Earned, Struktur Aset dan Growth Opportunity terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Subsektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Yuki Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (return on equity), time interest earned, struktur aset dan growth opportunity terhadap struktur modal pada Perusahaan Subsektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini hingga tahun 2017 berjumlah 48 perusahaan dan diperoleh sampel sebanyak 41 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter dengan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return on equity berpengaruh positif time interest earned dan struktur aset berpengaruh negatif terhadap struktur modal, sedangkan growth opportunity tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Keempat variabel independen tersebut mampu memberikan penjelasan terhadap perusahaan struktur modal sebesar 17,6 persen.

References

Angelina, Kadek Irrine Devita dan I Ketut Mustada. 2016. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas pada Struktur Modal Perusahaan.” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 3, hal. 1772-1800.

As’ari, Hasim. 2017. “Analisis Pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal dan Kinerja Perusahaan.” Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, Vol. 3, No. 2, hal. 68-90.

Sugiarto. 2009. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri, edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suweta, Ni Made Novione Purnama Dewi dan Made Rusmala Dewi. 2018. “Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Aktiva terhadap Struktur Modal.” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5 No. 8, hal. 5172-5199.

Syamsuddin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Weston, Fred, J. dan Copeland. 2008. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, jilid kedua. Jakarta: Erlangga.

Willim, A.P. (2019). Analisis Komparatif Tingkat Pengembalian Value Stocks dan Growth Stocks di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pasar Modal dan Bisnis, 1(1), 13-22.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles