Analisis Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan untuk Menginap di Hotel Harmony In Kubu Raya

Penulis

  • Calvin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap pada Hotel Harmony In Kubu Raya. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan populasi yang di mana menggunakan semua konsumen yang sedang menginap maupun yang pernah menginap pada hotel kurang lebih dua kali menginap. Teknik pengumpulan data adalah accidental sampling, sampel yang digunakan sebanyak seratus responden dimana penulis akan menyebarkan kuesioner kepada para konsumen yang berada pada lokasi hotel. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil analisis regresi linier berganda adalah Y = 5,454 + 0,185 X1 + 0,028 X2. Hasil uji F sebesar 0,000 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat membeli dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membeli.

Referensi

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance InnovationCapability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory.Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lenggogeni, Laylani, and Augusty Tae Ferdinand. 2016. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian." Diponegoro Journal of Management , 5.3, 840-851.

Lukasyanti, Dewi. 2006. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Wijiatmoko, A. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Hotel Syariah (Studi Pada Pelanggan Hotel Syariah Di Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Diterbitkan

2020-10-31

Terbitan

Bagian

Articles