Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada CU Filosofi Petani Pancur Kasih Kantor Pusat Siantan di Pontianak

Penulis

  • Arya Gabriel Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar signifikan pengaruh dari citra perusahaan dan promosi terhadap keputusan menabung. Populasi yang digunakan adalah seluruh anggota yang menabung pada CU Filosofi Petani Pancur Kasih Kantor Pusat Siantan. Sampel yang diambil sebanyak seratus responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistic yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, dan heterokedastisitas), uji autokorelasi, uji korelasi berganda, analisis regresi linear berganda,uji t dan uji F. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukan bahwa citra perusahaan dan Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung atau Ho ditolak dan Ha diterima.

Referensi

Assauri, Sofjan. 2011 .“Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage”, Jakarta: Rajawali pers.

Kasali, Rhenald. 2014. Managemen Public Relation. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Putu, Dewa Ayu, dan Ida Ayu Putu. 2015.” Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening pada PT BPR Jaya Kerti Mengwi Bandung”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 01, No. 01, hal. 56-68.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Diterbitkan

2020-10-31

Terbitan

Bagian

Articles