Pengaruh Likuiditas, Struktur Modal, Firm Size dan Inventory Turnover terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Benedicta Suji Sisilisiani Natalia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas (current ratio), struktur modal (debt to equity ratio), firm size dan pengelolaan persediaan (inventory turnover) terhadap profitabilitas (return on assets). Objek penelitian pada Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 34 perusahaan sampel. Bentuk penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Pengujian dengan permodelan regresi linear berganda berbasis ordinary least square (OLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa current ratio, debt to equity ratio, dan inventory turnover berpengaruh positif pada return on assets, sedangkan firm size tidak berpengaruh. Kemampuan keempat faktor dalam memberikan penjelasan pada perubahan return on assets yaitu sebesar 27,40 persen.

Referensi

Djumahir. “Pengaruh Variabel-Variabel Tax Shield dan Non-Tax Shield terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan.” Jurnal Wacana,Vol. 8, No. 3, Desember 2018 hal. 302-321.

Fadilah, Nurul, Echsan Ghani dan Evaliati Amaniyah. 2017. “Pengaruh Quick Ratio, Inventory Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Rentabilitas pada Perusahaan Kabel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Kompetensi, Vol.11, No.1, hal. 89-108.

Indah dan Worokinasih. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Leverage dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (2012-2016).” Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol. 58, No. 2, Mei 2018 hal. 119-128.

Kontesa, M. and Lako, A. (2020). Board Capital Effect on Firm Performance: Evidence from Indonesia. International Journal of Business and Society, 21(1), 491-506.

Wikardi, Lucya Dewi dan Natalia Titik Wiyani. 2017. “Pengaruh Debt to Equity Ratio, Firm Size, Inventory Turnover, Assets Turnover dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas.” Jurnal Online Insan Akuntan, Vol.2, No.1, hal. 99-118.

Diterbitkan

2020-10-31

Terbitan

Bagian

Articles