Pengaruh Likuiditas, Firm Size, Firm Age dan Total Asset Turnover terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Nikholas Febrianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dapat dilihat dari kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara likuiditas (current ratio), firm size, firm age dan total asset turnover terhadap profitabilitas (return on asset). Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi linear berganda. Objek penelitian pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 hingga tahun 2017. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan IPO sebelum tahun 2012 sehingga diperoleh 22 sampel perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, current ratio dan firm size berpengaruh negatif terhadap return on asset, firm age tidak berpengaruh, sedangkan total asset turnover berpengaruh positif. Kemampuan permodelan dalam menjelaskan perubahan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba pada perusahaan di sub sektor tersebut sebesar 38,2 persen.

References

A.P. Mahardhika, dan Marbun P. D. 2016. “Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Assets.” Jurnal Widyakala, vol.3, hal.23-28.

Brealey, Richard A., Stewart C. Myers, Alan J. Marcus. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan (judul asli: Fundamentals of Corporate Finance), edisi kelima, jilid 2. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Dj, Yunni Rusmawati. 2016. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Hutang, dan Umur Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014.” Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, vol.1, No.2, hal.111-126.

Kontesa, M. and Lako, A. (2020). Board Capital Effect on Firm Performance: Evidence from Indonesia. International Journal of Business and Society, 21(1), 491-506.

Marsuki. 2010. Analisa Kritis Laporan Keuangan Bank Sentral Asean, Asia, dan Eropa. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pranata, Dani, Raden Rustam Hidayat, dan Nila Firdausi Nuzula. 2014. “Pengaruh Total Asset Turnover, Non Performing Loan, dan Net Profit Margin terhadap Return On Asset: Studi pada Bank Umum Swasta Devisa yang Terdaftar di Bank Indonesia tahun 2010-2012.” Jurnal Administrasi Bisnis, vol.11, no.1, hal.1-10.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles