Analisis Budaya Organisasi, Keadilan Organisasional dan Kinerja Karyawan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak

Penulis

  • Eliezer Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran budaya organisasi, keadilan organisasional dan kinerja karyawan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode sensus atau sampling jenuh, dengan sampel sebanyak 34 orang responden. Sedangkan analisis data dilakukan secara kuantitatif, untuk memperjelas analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan Skala Likert. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi, keadilan organisasional dan kinerja karyawan sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi ketimpangan didalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dari hasil rekapitulasi menunjukan bahwa budaya organisasi sudah diterapkan dengan baik oleh karyawan maupun pimpinan, karyawan sudah diperlakukan dengan adil dan tingkat kinerja karyawan sangat tinggi.

Referensi

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Griffin, Ricky. 2004. Manajemen, Edisi Ketujuh, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Harris, Kristanto. 2015. “Keadilan organisasional, komitmen organisasional, dan kinerja karyawan: CV Tanaya Fiberglass”. JMK, vol.17, no.1, Maret.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins, Stephen. P. 2003. Perilaku Organisasi, edisi 9 jilid 1. Jakarta: Indeks.

Diterbitkan

2020-09-30

Terbitan

Bagian

Articles