Pengaruh Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada Supermarket Ligo Mitra di Pontianak

Authors

  • Roby Tanjaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh oleh daya tarik promosi, harga kompetitif, dan kinerja layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Supermarket Ligo Mitra di Pontianak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pembagian kuesioner dan wawancara dengan responden. Sampel diambil sebanyak 100 responden berdasarkan metode random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik, uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda,uji koefisien determinasi, dan pada pengujian hipotesis meliputi uji F dan uji t. Hasil pada pengujian reliabilitas dan validitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian reliabel dan valid. Pada pengujian normalitas tidak terjadi penyimpangan antar variabel. Hasil uji F secara simultan adalah 40,690 dengan tingkat signifikansi 0,000 sedangkan pada uji t secara parsial menunjukkan variabel daya tarik promosi, harga kompetitif, dan kinerja layanan berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian.

References

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. Prinsip - prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2008

Kotler, Philip, dan Keller. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2010

Natalia,Venia. “Dampak Kinerja Pelayanan Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Pada PT. Aneka Makmur Sejahtera di Pontianak, BIS-MA (Bisnis Manajemen), vol.1, no.2, 2016, hal.357-370

Pratidina, N.G.A, and Harry Soesanto. "Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tisu Tessa Melalui Citra Merek (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro)." Diponegoro Journal of Management, vol.7, no.3, 2018, hal.58-68

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles