Analisis Pengaruh Profitability, Non Debt Tax Shield, Firm Size, dan Cash Holding terhadap Capital Structure pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Liana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi capital structure pada perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Ada empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu profitability, non debt tax shield, firm size, dan cash holding. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 48 perusahaan dengan teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 36 perusahaan. Pengujian ini dianalisis menggunakan model regresi berganda, yang didahului oleh asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F, dan  uji t dengan menggunakan SPSS versi 22.Hasil analisis menunjukkan bahwa profitability dan non debt tax shield tidak berpengaruh terhadap capital structure, dan firm size berpengaruh positif sedangkan cash holding berpengaruh negatif terhadap capital structure.

Referensi

Ani, Mawih Kareem Al and Maha Saud Al Amri. 2015. The Determinants Of Capital Sturcture: An Emperical Study Of Omani Listed Industrial Companies. Verslas: Teorija Ir Praktika / Business: Theory And Practice, Vol.16, no.2, pp. 159-167.

Cheng Lim, Thian. 2012. Determinants of Capital Structure Empirical Evidence from Financial Services Listed Firms in China” International Journal of Economics and Finance, Vol. 4, No. 3, pp. 191-203.

Damayanti. 2013. Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Peluang Bertumbuh, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Perspektif Bisnis, Vol.1, no.1, hal. 17-32.

Gomes, Gerardo., Ana Mena Rivas, and Edmundo R. Lizarzaburu Bolanos. 2014. The Determinants of Capital Structure in Peru. International Journal of Economics and Financial Issues, Vol 27, no. 3, pp.341-354.

Thanh, Le Trung and Do Mai Huong. 2017. Determinants Of Capital Structure: An Emperical Study On Vietnamese Listed Firms. Serbian Journal Of Management, Vol.12, no.1, pp. 77-92.

Willim, A.P. (2019). Analisis Komparatif Tingkat Pengembalian Value Stocks dan Growth Stocks di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pasar Modal dan Bisnis, 1(1), 13-22.

Yudhiarti, Retno, dan H Mohammad Kholiq Mahfud. 2016. Analisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014). Diponegoro Journal Of Management, Vol. 5, no. 3, hal. 1-13.

Diterbitkan

2020-09-30

Terbitan

Bagian

Articles