Pengaruh Kualitas Pelatihan dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada CV Autoplaza 88 di Pontianak

Authors

  • Karina Tantiana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas pelatihan dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan populasinya sebanyak empat puluh tiga karyawan pada CV Autoplaza 88 di Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Sampel yang digunakan sebanyak empat puluh tiga responden dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada para karyawan. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,352. Hasil analisis regresi linear berganda adalah Y = 0,291X1 + 0,445X2. Hasil uji F sebesar 10,873 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel kualitas pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Allen N.J., dan Mayer J.P., “Affective and Continuence Commitment to Organization : Evaluation of Measures and Analysis of Concurent and Time Lagged Relations”.Journal of Applied Psychology, 75, pp. 710-720.1990.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Darmadi, H. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan keempat belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles