Analisis Pengaruh Pengawasan dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tirtakencana Tatawarna di Pontianak

Authors

  • Robby Chandra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah variable pengawasan dan organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Tirtakencana Tatawarna di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada Firma Muara Mas di Pontianak. Teknik analisis data kuantitatif. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 92 respoden adalah sampling total (sensus). Hasil dari kuesioner dikelompokkan menurut kriteria yang ditentukan, diolah dengan cara memberikan bobot penilaian berdasarkan skala likert, dijumlahkan dan ditentukan persentasenya. Data yang diperoleh juga diolah dengan menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan dan organizational citizenship behavior berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

References

Castro, 2004. “The Influence Of Employee Organizational Citizenship Behavior On Customer Loyalty”. International Journal Of Service Industry Management. Vol. 15 No. 1.

Flippo, Edwin B. 2008. Manajemen Personalia. Jakarta: PT. Gelora Askara Pratma.

Hasibuan, Malayu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Saragih, Raskita. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Kencana.

Siagian, Sondang P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles