Analisis Person-Organization Fit dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada PT Buana Tunas Sejahtera KPW

Penulis

  • Metta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh signifikan personorganization fit dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada PT Buana Tunas Sejahtera KPW. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT Buana Tunas Sejahtera KPW dengan sampel sebanyak 37 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solutions versi 22 (SPSS 22). Hasil penelitian ini menunjukkan person-organization fit (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).) Selanjutnya, komitmen organisasional terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Koefisien determinasi menunjukkan persentase sumbangan pengaruh person-organization fit dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 29,2 persen. Saran bagi peneliti selanjutnya mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat memberikan penjelasan terhadap perubahan pada kinerja karyawan, serta dapat menggunakan objek yang berbeda sehingga dapat menghasilkan pengujian yang lebih baik.

Referensi

Kreitner, Robert, dan Angelo Kinicki. 2010. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P. dan Judge, T.A. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Salemba Empat.

Tepeci, Mustapha. 2001. “The Effect Of Personal Values, Organizational Culture, Person Organization Fit On Individual Outcomes In Restaurant Industry”, Disertasi Doktoral The Pennsylvania State University.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles