Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Investment Opportunity Set terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Dewi Oktavianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel Profitabilitas, Struktur Modal dan Investment Opportunity Set berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laba pada perusahaan sub sektor perdagangan besar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan populasi dalam penelitian ini terdiri dari 26 perusahaan sub sektor perdagangan besar dan sampel penelitian ini merupakan laporan keuangan dari tahun 2013 sampai 2017. Penulis melakukan analisis dengan menggunakan program SPSS (Statistical product and Service Solution) versi 22. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Kualitas Laba, Struktur Modal berpengaruh positif terhadap Kualitas Laba, Investment Opportunity Set tidak berpengaruh terhadap Kualitas Laba.

Referensi

Rahmawati. 2012. Teori Akuntansi Keuangan, edisi pertama. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.

Rusiti, Ch., dan Paulina Warianto. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Likuiditas Dan Investment Opportunity Set Terhadap Kualitas Laba PadaPerusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Modus, vol.26,no.1, pp.19-32.

Samosir, Hendrik E.S. 2018. Pengaruh Faktor Keuangan Dan Komite Audit Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Ilmiah Simantek, vol.2,no.2, pp. 82-89.

Santoso, H. (2019). The Impact of Investment Decision and Funding on Financial Performance and Firm Value. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 103-112.

Silfi, Alfiati. 2016. Pengaruh Pertumbuhan Laba, Struktur Modal, Likuiditas Dan Komite Audit Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Valuta, vol.2,no.1, pp. 17-26.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles