Analisis Pengaruh Kualitas Promosi dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki pada PT Daya Kharisma Utama Pontianak

Penulis

  • Eva Saputri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas promosi dan kinerja layanan terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Accidental Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas promosi dan kinerja layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran yang yang dapat penulis berikan harus meningkatkan kualitas promosi seperti menampilkan beberapa varian warna mobil pada saat menampilkan iklan gambar. Pihak perusahaan harus memperhatikan kinerja layanan para karyawan yang melayani konsumen agar konsumen merasa puas dan berniat untuk melakukan keputusan pembelian. Untuk itu disarankan agar pihak perusahaan meningkatkan pelayanan nya dalam penyampaian informasi, ketanggapan karyawan dalam melayani konsumen, dan kecepatan dalam melayani konsumen yang datang.

Referensi

Abubakar Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Banbang Setiyo Pambudi. 2018. Pengaruh Kinerja Pelayanan (Service Performance) Terhadap Loyalitas Dengan Variabel Antara Kepuasan Konsumen Nasabah Bank Jatim. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto. 2013. Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya.Studi pada Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles