Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Credit Union terhadap Minat Menjadi Anggota CU Keling Kumang di TP Balai Karangan

Authors

  • Kartika Ena Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Credit Union merupakan badan usaha yang menyediakan simpan pinjam untuk masyarakat yang bertujuan untuk membantu anggota yang membutuhkan dana dalam memenuhi kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan dan kepercayaan credit union terhadap minat menjadi anggota di CU Keling Kumang di TP Balai Karangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif, populasinya adalah semua anggota CU Keling Kumang yang ada di TP Balai Karangan dengan menggunakan Sampling Insidental, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Pembahasan menggunakan uji validitas dan relibilitas, uji asumsi klasik dan uji korelasi. Dari hasil penelitian ini adalah kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif, dan kepercayaan credit union tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat menjadi anggota.

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles