TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP SIMPANAN NON SAHAM PADA CREDIT UNION LANTANG TIPO TP NOYAN DI KECAMATAN NOYAN KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Pilivia Odila Eni

Abstract

Dalam menciptakan kepuasan pelanggan, sebuah perusahaan harus memperhatikan kualitas pelanayan jasa yang diberikan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai tingkat kepuasan yang diterapkan oleh Credit Union Lantang Tipo Tp Noyan di Kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pelayanan jasa yang diterapkan perusahaan dan mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas tingkat kepuasas pada Credit Union lantang Tipo TP Noyan di Kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, di mana yang menjadi objek penelitian adalah Credit Union Lantang Tipo TP Noyan di Kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara wawancara, kueisoner, dan studi pustaka. Analisis data penelitian mengunakan analisis secara kualitatif berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan jasa yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, kepastian, empeti dan bukti fisik. Analisis dilakukan menyebarkan kuesioner, jawaban responden dikumpulkan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, dikelompokan, dijumlahkan dan dipresentasikan kemudian ditarik kesimpulan. Namun pada dimensi keandalan dan bukti fisik, perusahaan masih harus lebih meningkatkan kinerjanya agar dapat lebih memuaskan anggota. Adapun beberapa kekuranggan yang masih harus diperbaiki adalah mengenai kemampuan yang dimiliki oleh karyawan dan bagaimana keandalan karyawan dalam mengatasi anggota yang mengalami masalah, serta selalu menjaga kondisi ruangan kantor mengenai kenyamanan, kebersihan, dan sarana perparkiran. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberi saran berupa keterampilan karyawan dalam melayani anggota harus ditingkatkan dengan cara berkomunikasi yang baik dengan semua anggota, serta memberikan solusi yang terbaik kepada anggota yang mengalami masalah. Menjaga kebersihan ruangan kantor agar anggota merasa nyaman dalam melakukan transaksi baik menyetoran maupaun mengajukan pinjaman, dan meningkatkan kualiatas pelayanan melalui pendidikan dan pelatihan.

Downloads

Published

2016-11-14

Issue

Section

Articles