Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Kepercayaan Merek terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan dan Minuman di Pontianak

Authors

  • Novianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, dan kepercayaan merek terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuisioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, inovasi produk dan kepercayaan merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa inovasi produk dan kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan orientasi pasar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Atalay, Murat, Nilgün Anafarta, and Fulya Sarvan. "The relationship between innovation and firm performance: An empirical evidence from Turkish automotive supplier industry." Procedia-social and behavioral sciences 75.3 (2013): 226-235.

Cahyo, Roberto Junianto dan Dhyah Harjanti. 2013 “Analisa Inovasi Produk Pada Sektor Usaha Formal Dan Informal Di Jawa Timur”. Agora Vol. 1, No. 3.

Cakmak. 2016. ‘The Role of Brand Awareness on Brand Image, Perceiver Quality And Effect on Risk in Create Brand Trust”. Global Journal On Humanities And Social Sciences, pp.177-186.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Soenarto, Darno , dan Mitha Otik. 2018. “Pengaruh Kewirausahaan, Inovasi & Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Wedges”. Ecopreneur, 12, Vol.1, No.1, pp.8-13.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles