Pengaruh Kinerja Pelayanan, Perceived Value, dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Merpati Pontianak

Authors

  • Rika Yolanda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kinerja pelayanan, perceived value, dan daya tarik promosi terhadap keputusan menginap pada Hotel Merpati Pontianak.Teknik analisa data penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling insidental, jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa software SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menyatakan bahwa instrument yang diuji valid dan reliabel. Hasil pengujian F menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki hubungan yang signifikan. Hasil analisis dari uji t menunjukkan bahwa kinerja pelayanan, perceived value, dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap. Dapat ditarik kesimpulan pula bahwa kinerja pelayanan, perceived value, dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel Merpati Pontianak.

References

Abubakar, Rusdi. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta, 2018.

Adam, Muhammad. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2018.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Lenggogeni, Laylani. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian.” Diponegoro Journal Of Management: Vol 5, No. 3, Tahun 2016: Halaman 1-12.

Susilo, Wahyu Tri., Dr. Maya Ariyanti, dan Drs. Sumrahadi. “Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Dan Harga Terhadap Minat Beli E-Toll Card Bank Mandiri.” E-Proceeding of Management: Vol 4, No. 1 April 2017: Page 25.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles