Analisis Orientasi Pelanggan, Kapabilitas Inovasi dan Keunggulan Layanan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak

Authors

  • Oktaviana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Semakin majunya perkembangan jaman dan perubahan pola hidup di masyarakat menyebabkan kebutuhan juga ikut berubah. Salah satunya yaitu dalam memenuhi kebutuhan pangan, inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel Orientasi Pelanggan, Kapabilitas Inovasi dan Keunggulan Layanan dapat menciptakan Kinerja Pemasaran UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak menjadi semakin maju dan lebih baik lagi. Tujuan terciptanya Kinerja Pemasaran tersebut guna menaikkan laba usaha dan membuat para pelaku usaha semakin percaya diri dalam mengembangkan produknya dipangsa pasar. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan perhitungan yang menggunakan metode SPSS versi 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa variabel Orientasi Pelanggan, Kapabilitas Inovasi, dan Keunggulan Layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Aqmala, Diana. 2019. “Peran Orientasi Penjualan dan Orientasi Pelanggan serta Penginderaan Pelanggan Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan”. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 4, no. 2.

Astuti, Atik Rahmawati Tri. 2016. “Analisis Pengaruh Pengembangan Layanan Baru, Orientasi Pembelajaran dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, vol.15, no. 1, pp. 12-23.

Azizah, Umi, dan Ida Maftukhah. 2017. “Pengaruh Kemitraan dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing”. Management Analysis Journal, Vol. 6, no. 2, pp. 206-213.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Wusko, Any Urwatul., M. Nizar. “Pengaruh Entrepreneurial Orientation dan Market Orientation Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada UKM Di Kabupaten Pasuruan”. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE),Vol. 4, no. 3, pp. 72-84.

Zaini, Acmad, Djumilah Hadiwidjojo, Fatchur Rohman, dan Ghozali Maskie. 2014. “Effect of Competitive Advantage As A Mediator Variabel of Entrepreneurship Orientation To Marketing Performance.” IOSR Journal of Business and Management IOSR–JBM, pp. 05–10.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles