Analisis Kapabilitas Inovasi dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Resto dan Cafe di Kota Pontianak

Authors

  • Maria Stela Ivo Niras Tuti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini sebuah pengujian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kapabilitas Inovasi dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Resto dan Cafe di Kota Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 136 toko yang bergerak dibidang Resto dan Cafe di Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan metode teknik Sampling purposive. Pembahasan dengan mengunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model pengujian yang digunakan menggunakan program Software spss 22. Berdasarkan hasil uji dapat dilihat bahwa Kapabilitas Inovasi, Nilai Pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Resto dan Cafe di Kota Pontianak. Sebaliknya pelaku usaha meningkatkan jenis produk dan kualitas produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

References

Bakti, Sukma dan Harniza Harun.2011. Pengaruh Orientasi Pasar dan Nilai Pelanggan Terhadap Kineja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air, Vol.3 No.1.

Gallouj, F.,& Windrum, P. 2009. Services and services innovation. Journal of Evolutionary Economics, 19(2), 141-148.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Sutapa, dan Mulyana. 2014. Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan bersaing dan kinerja melalui pendekatan Quadruple Helix: Studi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol.13 No.3.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip Penerapan dan Penelitian.Yogyakarta: Andy Offset.

Vidyatmoko, D., Husni, A., &Rosadi, Y. 2015. Faktor Utama Kesuksesan Wirausaha di Industri Pangan. Jurnal Manajemen Teknologi,14 (1), 47-65.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles