Pengaruh Word Of Mouth, Brand Trust, Kompetensi Tenaga Penjual terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak

Authors

  • James Riady Cen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh word of mouth, brand trust dan kompetensi tenaga penjual terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Agya di PT Anzon Autoplaza Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian mobil Toyota Agya di PT Anzon Autoplaza di Pontianak dan jumlah sampel 112 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS statistic versi 22. Berdasarkan pengujian menggunakan alat uji korelasi, koefisien determinasi dan uji regresi dapat disimpulkan bahwa variabel word of mouth, brand trust, dan kompetensi tenaga penjual secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian mobil Toyota Agya pada PT Anzon Autoplaza Pontianak.

References

Ahmad S.Z., Basir M. SAH, dan Kichen P.J. “The Relationship between Sales Skills and Salesperson Performance, and the Impact of Organizational Commitment as a Moderator: An Empiric Study in a Malaysian Telecommunications Company”. International of Economics and Management. Vol. 4 (2). (2010) 181-211.

Azis, Muh. Dona. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kompetensi Tenaga Penjualdan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Menggunakan Kembali Jasa Pada PT. Mandala Multifinance Cabang Palu” e-Jurnal Katalogis, Volume 2 Nomor 7, (Juli 2014): hlm 58-67.

Calvin dan Hatane Semuel. “Analisa Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Economic Benefit Terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi Pt. Sequislife Di Surabaya” Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra Jurnal Manajemen Pemasaran Petra,Vol 2, No 1 (2014)

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Sukoco Andung S, S.T. “Analisis Pengaruh Kompetensi Tenaga Penjualan Dan Sistem Kontrol Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada Penjualan Produk Consumer Banking di PT. BRI Syariah KCI Semarang)” JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA Volume XI, No. 1, (Mei 2012), halaman 37 – 50

Yuliyanti, Evi. “Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk downy di desa pulorejo kecamatan ngoro kabupaten jombang.”’ Jurnal pendidikan tata niaga,vol,1,no1 (2017), pp. 85-86

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles