Analisis Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Resto dan Cafe di Kota Pontianak

Authors

  • Patricia Servana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis UMKM semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini pun membuat pada pengusaha lain berlomba-lomba dalam mengembangkan produk dan terjadi persaingan produk yang tak dapat dihindarkan. Perusahaan juga dituntut untuk memahami strategi orientasi kewirausahaan dengan tepat, melakukan orientasi produk dengan baik dan keunggulan dalam bersang. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah 100 responden dengan teknik sampling jenuh yaitu dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan data sensus UMKM resto dan cafe di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan model SPSS 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa variabel orientasi kewirausahaan, orientasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Djodjobo, Cynthia Vanessa, and Hendra N. Tawas. "Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2.3 (2014).

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Imron, Much, Dwi Agung Nugroho Arianto, and Purwo Adi Wibowo. "Analisis Pengaruh Orientasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Museum." Semantik 1.1 (2011).

Indaryati, Indaryati, and Jailani Jailani. "Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V." Jurnal Prima Edukasia 3.1 (2015): 84-96.

Kartika, Hayu. "Analisis pengendalian kualitas produk CPE film dengan metode statistical process control pada PT. MSI." Jurnal ilmiah teknik industri 1.1 (2013): 50-58.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles