Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak

Authors

  • Yuliana Willy Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Swalayan Garuda Mitra 2019 sebanyak 98 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode incidental sampling sampel sebanyak 98 orang. Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Pada tingkat signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa variabel budaya organisasi dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi (r), uji koefisien determinasi (uji r2), uji regresi berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian statistik diketahui bahwa variabel budaya organisasi memberikan penilaian tertinggi terhadap kinerja karyawan. Saran yang dapat diberikan adalah pihak Swalayan harus lebih meningkatkan kepedulian terhadap karyawan dan kenyamanan lingkungan kerja bagi karyawan.

References

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Nawawi, H. Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005.

Rivai, Veithzal dan Sagala. Manajemen Sumber Daya Manusia dari Teori ke Praktek. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2011.

Robbins, Stephen P, and Timothy A. Judge. Perilaku Organisasi, Jakarta: Prehalindo, 2012.

Siagian. Organisasi, Kepemimpinan, dan Perilaku Administrasi. Jakarta: PT Gunung Agung, 2002.

Soetopo, Hendyat. Perilaku Organisasi Teori. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles