Pengaruh Kapabilitas Inovasi, Nilai Pelanggan dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak

Authors

  • Tika Yunarni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Keberhasilan suatu bisnis bergantung pada bagaimana strategi yang diterapkan dalam berbisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovasi, nilai pelanggan dan promosi terhadap kinerja pemasaran UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM Cafe dan Resto yang berada di Kota Pontianak. Metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 92 unit usaha. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas inovasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Ini berarti semakin meningkatkan kemampuan berinovasi tidak meningkatkan kinerja pemasaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, yang berarti semakin besar nilai pelanggan akan semakin meningkatkan kinerja pemasaran. Dan semakin baik promosi yang dilakukan akan semakin meningkatkan kinerja pemasaran.

References

Guspul, Ahmad. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Batako di Kepil Wonosobo. Jurnal PPKM III, ISSN 2354-869, Hal 195 – 196.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Prihadi, Deddy dan Agnes Dwita Susilawati. 2018. Pengaruh Kemampuan Ecommerce dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran, Vol. 3, No. 1, Hal. 19.

Sudaryono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method Edisi Kedua. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Sutapa, dan Mulyana. 2014. Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Melalui Pendekatan Quadruple Helix: Studi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion, Vol. 13, No. 3, Hal. 210.

Swastha, Basu dan Irawan. Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2008.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles