Analisis Pengaruh Kapabilitas Inovasi, Orientasi Pasar dan Kualitas Jejaring Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di Kota Pontianak

Authors

  • Esmeralda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Studi dalam penelitian ini adaah untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovasi, orientasi pasar dan kualitas jejaring pelanggan terhadap kinerja pemasaran UMKM kerajinan tangan di kota Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bentuk deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sebenarnya. Sementara untuk populasi yang digunakan yaitu 120 pelaku usaha UMKM kerajinan tangan yang ada di kota Pontianak. Selanjutnya teknik pengumpulan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Karena keterbatasan biaya, tenaga dan waktu maka penulis menetapkan sampel sebanak 100 pelaku usaha. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Kemudian untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif yang kemudian ditafsirkan menjadi data kuantitatif, penulis menggunakan alat bantu yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan uji Analisis Kelayakan Model Penelitian. Didapati hasil pada uji reabilitas bahwa data adalah handal karena cornbach alpa > 0,6. Hasil uji regresi linear berganda menunjukan bahwa kapabilitas inovasi, orientasi pasar dan kualitas jejaring pelanggan memiliki hubungan yang positif terhadap kinerja pemasaran. Dan hasil t juga menunjukan bahwa kapabilitas inovasi, orientasi pasar dan kualitas jejaring pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

George, G., Wood, D. R. Jr, Khan, R .2001. Networking Strategy of Boards: Implicationn for Small and Medium-Sized Enterprises. Entrepreneurshipand-RegionalDevelopment,13(3),269-285

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Normasari, Selvy, Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Citra Merek Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan” jurnal JAB vol.6, No.2, 2013

Nurhajati, Tatiek “Model Pengembangan Kinerja Organisasi Melalui Kualitas Jejaring, Kualitas Kepercayaan Dan Inovasi” Jurnal EKOBIS, Vol.11, No.2, 2010.

Pangeran, Perminas “Orientasi Pasar Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Keuangan Pengembangan Produk Baru Usaha Mikro Kecil dan Menengah” jurnal riset manajemen & bisnis, vol. 7, no.1, 2012

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles