Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Larutan Penyegar Cap Badak pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak

Authors

  • Dicky Chandra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian larutan penyegar Cap Badak pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi documenter. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Hasil pengujian validitas menujukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti reliabel. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli.

References

Fahmi, Irham. Manajemen Srategis Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Alfabeta, 2017.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto. “Analisis Strategi Diferensisasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya..” Jurnal managemen Pemasaran, vol.1, no.2, 2013, Hal 1-11.

Schiffman, Leon, G, dan Leslie, Kanuk. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks, 2011.

Wijaya, Tony. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano. Jakarta, 2018.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles