Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Fashion di Kota Pontianak

Authors

  • Yenni Yenni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, keunggulan bersaing, dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 Usaha Mikro Kecil dan Menengah Fashion di Kota Pontianak. Pengambilan sampel menggunakan metode penarikan sampel secara sensus dan diperoleh sampel sebanyak 50 UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R2), Uji regresi linear berganda, Uji F, dan uji hipotesis (t hitung). Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, keunggulan bersaing, dan kualitas produk berpengaruh secara positif terhadap kinerja pemasaran.

References

Assauri, Sofjan. Strategic Management: Sustainable Competitive Advantages. Jakarta: Rajawali Pers, 2016

Bakti, Sukma dan Harniza Harun. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air.” Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, vol.3,no.1 (Januari-Juni 2011), hal.6.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Pertiwi, Yunita Dwi dan Bambang Banu Siswoyo. “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Kripik Buah di Kota Batu.” Universitas Negeri Malang, Maret 2016, hal.232.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Setiawan, Heri.”Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang.”Jurnal Orasi Bisnis, November 2012, hal.14.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles