Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kemampuan Adaptasi Teknologi terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kue di Pontianak

Authors

  • Novita Sari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa signifikan pengaruh kualitas produk dan kemampuan adaptasi teknologi terhadap peningkatan kinerja pemasaran usaha kue di kota Pontianak, jumlah usaha yang semakin berkembang menuntut kemampuan bersaing dalam memasarkan produk. Populasi dalam penelitian ini pelaku usaha kue di kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 unit usaha. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa teknik analisis statistic menggunakan SPSS versi 22 dengan pengujian validitas, realiabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda dan hipotesis uji F dan uji t. hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran dan variabel kemampuan adaptasi teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.

References

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Assauri. 2017. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Prihadi, Deddy. Dan Agnes Dwita Susilawati. 2018. Pengaruh Kemampuan E-Commerce Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Tegal.Vol.3

Purba Humiras Hardi, dan Siti Aisyah. 2017. Quality Improvement And Lean Six Sigma Meningkatkan Kualitas Produk Dan Kinerja Perusahaan Menuju Zero Defect Yogyakarta: Penerbit Expert.

Tjiptono Fandy dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Strategic, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, Hingga E-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles