Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Bidang Fashion di Kota Pontianak

Authors

  • Laura Monica Agresia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa signifikan pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang fashion di kota Pontianak. Jumlah pelaku usaha yang semakin berkembang menuntut pelaku usaha untuk bersaing dengan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini pelaku usaha fashion di kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 unit usaha. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, realibiitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan hipotesis uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja pemasaran, akan tetapi hasil pengujian dari variabel inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.

References

Djodjobo, Cynthia, Vanessa & Tawas, Hendra. N. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol. 2 No. 3.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Lapian, Agnes. A, Massie, James dan Ogi, Imelda. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang, Vol 4 No 1.

Lukas, Bryan. A dan Ferrell, O. C. 2000. The Effect of Market Orientation on Product Innovation, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 28, Spring.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Sari, Lila. F. 2013. Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus. Management Analysis Journal 2 (1).

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles